Kita hadir disini untuk meramaikan website serta blog di Indonesia. Pastikan Anda menyimak setiap artikel bermanfaat yang kami sajikan di website ini.

5 Manfaat Jitu Berpuasa Bagi Kesehatan

Puasa adalah aktivtas ibadah umat Islam yang wajib dilakukan. Puasa akan berlangsung setiap tahun selama satu bulan ramadhan. Melaksanakan puasa ini mnjadi wajib bagi orang orang yang telah baligh. Dengan menahan lapar, haus, dan jug amenahan hawa nafsu, setiap umat muslima kan melakukannya selama satubulan dengan waktu makan pada saat sahu rsebelum mathari terbit dan berbuka saat matahri tenggelam.

Ibadah puasa tidak hanya memberikan pahala ibadah bagi umat muslim yang melaksanakannya. Ternyata selain hanya sekedar melihat-lihat gambar lucu, rutinitas puasa juga memberikan berbagai manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Mungkin memang di awal puasa Anda akan merasakan tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga.

Hal ini memang bisa saja terjadi karena tubuhmu masih dalam proses menyesuaikan diri. Sehingga kondisi seperti itu umum terjdi. Walaupun begitu, setelah beberapa waktu Anda bakal mulai merasakan terbiasa dengan rutinitas kegiatan puasa dan akan merasakan tubuh yang lebih sehat. ini bukan mengada ada karen amemang terbukti secara ilmiah. Berikut ini ada 5 manfaat puasa bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

  1. Menurunkan berat badan

Saat kita berpuasa, konsumsi makan dan minum menjadi lebih seimbang sehingga tubuh akan memanfaatka nutrisi di dalam tubuh yang sudah lama mengendap dan tidak terpakai.

  1. Mampu mengurangi Kolesterol

Pola makan saat berpuasa tentu aja berubah. Dan peruabhan ini terjadi secara teratur yaitu selama satu bulan, sehingga mampu membentuk pola baru. Karenapola makan yang baru terbentuk dengan konsumsi yan teratur, maka tubuh akan mengurangi kadar lemak darah dan kolesterol secara otomatis.

  1. Puasa mampu meningkatkan daya imunitas

Jika kamu merasakan bahwa puasa membuat kamu menjadi rentan dengan penyakit, maka kamu salah karena faktanya puasa justru meningkatkan sistem imun kamu dengan melakukan detoksifikasi dan juga menjaga kelancaran sistem pencernaan.

  1. Mampu menurunkan resiko hipertensi

Seperti yangtelah dijelaskan bahwa puasa mampu mengurangi kadar lemak dalam darah karena pola makan yang teratur. Sehingga otomatis hal ini jug aberpengaruh pada menurunnya resik hipertensi.

  1. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal yang merupakan penyaring sisa metabolisme akan terbantu kinerjanya dengan mengurangi asupan air. Yaitu saat puasa.

Itulah beberap amanfaat puasa. Akan tetapi ingat untuk tetap memiliki niat lurus demi mendapatkan ridho Nya agar Anda mendapatkan keberkahan.