Kita hadir disini untuk meramaikan website serta blog di Indonesia. Pastikan Anda menyimak setiap artikel bermanfaat yang kami sajikan di website ini.

Jangan Bersedih, Inilah 5 Hikmah Saat Sakit

Sakit adalah hal umum yang sangat lumrah dialami oleh kita sebagai seorang manusia. Selalu ada satu keadaan dimana kita akan merasakan ada kondisi yang tidak sesuai degan tubuh sehingga bisa menyebabkan rasa sakit. Sakit ini bisa terjadi baik secara ringan maupun berat. Semua itu tergantung dari ketetapan Allah. Akan tetapi jangan bersedih, karena sebenarnya ada hikmah luar biasa yang ingiin disampaikan melalui rasa sakit yang kita alami.

Tak selamanya hal yang yang tak sesuai dengan yang kita inginkan adalah hal yangburuk. Termasuk pula saat kita merasakan sakit. Padahal sakit adalah kondisi yang membuat kita tak bisa beraktivitas secara normal dan sempurna baik dalam kurun waktu yang sebentar maupun lama.

Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya ada hikmah dibalik sakit yang Anda derita. Diantara hikmah yang bisa diambil saat sakit adalah:

  1. Sakit adalah sebuah ujian

Hal ini dijelaskan dalam Qs Al-baqrah ayat 155-156 yang menjelaskan bahwa apapun yang terjadi pada kita baik ketakutan, kelaparan, kelaparan, kekurangan harga adalah sebuah ujian.

  1. Sakit sebagai penebus dosa dan kesalahan

Ini adalah cara yang paling baik bagi kita menebus setiap dosa yang telah kita lakukan. Sehingga dengan begitu segala dosa yang telah kita lakukan dapat lebih ringan. hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis riwayat Ahmad, 3/346.

  1. Sakit adalah bukti bahwa Allah menghendaki sebuah kebaikan

Dalam sebuah hadist riwayat Tirmidzi dijelaskan bahwa besarnya balasan dari Allah itu disesuaikan juga dengan cobaan yang diterima. Saat Allah mencintai hambaNya, maka Dia akan memberikan cobaan pada hambaNya untuk melihat seberapa besar kecintaan hambaNya.

  1. Sakit membangkitkn introspeksi diri

Ya, hal ini sering kali terjadi. Saat merasakan sakit, biasanya seseorang akan lebih mudah untuk mengingat apa saja yang telah dia perbuat termasuk juga berbagai dosa yang telah ia lakukan.

  1. Sakit mampu menghadirkan rasa syukur

Saat sakit, seseorang akan lebih mudah untuk mengingat nikmatnya kesehatan. Sehingga ia akan lebih banyak bersyukur. Bahkan Nabi Muhammad pernah bersabda dan diriwayatkan oleh Bukhari bahwa ada dua nikmat yang sering membuat kita lupa dan terperdaya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang.